Kamis, 01 Mei 2014

Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Metode Quantum Teaching Pada Pelajaran PKN Pada Siswa Kelas IV SDN

Suatu lembaga pendidikan akan dapat bersaing secara kompetitif apabila
dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas. Guru memiliki peran yang sangat
penting dalam meningkatkan kualitas peserta didik terlepas seperti apapun latar
belakang siswa didiknya. Karena itu guru dituntut menguasai metode
pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa yang dihadapi.
Fenomena yang terjadi di SDN Talang III Sumenep, ada beberapa hambatan,
hambatan yang paling signifikan yaitu antusias siswa untuk belajar masih sangat
rendah sehingga hasil belajarnya kurang memuaskan. Menyikapi permasalahan
tersebut, maka perlu diterapkan metode yang lebih tepat. Untuk menanggulangi
hal itu telah benyak konsep metode pembelajaran aktif yang ditawarkan. Metode
pembelajaran aktif tampaknya merupakan salah satu jawaban atas permasalahan
tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di SDN Talang III Sumenep.
Salah satunya adalah dengan menerapkan metode Quantum Teaching pada
pelajaran ini, diharapkan prestasi belajar siswa terus meningkat dan hasil
belajarnya akan memuaskan, sebab pada metode ini keaktifan siswa lebih di
utamakan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan
Quantum Teaching pada pelajaran PKN pada siswa kelas IV SDN Talang III
Sumenep, (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar melalui metode Quantum
Teaching pada pelajaran PKN pada siswa kalas IV SDN Talang III Sumenep, (3)
Apa sajakah hambatan yang dihadapi dalam penerapan Quantum Teaching pada
pelajaran PKN pada siswa kelas IV SDN Talang III Sumenep.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif. Urutan kegiatan penelitian ini mencakup: (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dalam pengumpulan
datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan untuk analisanya, penulis menggunakan aanalisis deskriptif kualitatif.
Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengamatan dan
wawancara maka penerapan Quantum teaching, mampu meningkatkan prestasi
belajar siswa. Berdasarkan dari hasil observasi yang dilakukan terdapat
peningkatan prestasi belajar siswa yang semula nilai rata-rata dari pre test sebesar
6,55 pada siklus I ini meningkat menjadi 7,93 atau sekitar 4%. Sedangkan pada
siklus II peningkatan prestasi belajar siswa yang semula nilai rata-rata pre test
sebesar 6,55 pada siklus II ini meningkat menjadi 8,66 atau sekitar 35%. Hal ini
18
menunjukkann bahwa 90% siswa berhasil meningkatkan prestasi belajar PKN
dengan hasil belajar yang baik, walaupun selama penerapan masih mengalami
beberapa hambatan, akan tetapi hal ini bukan berarti menafikan keberhasilan
penerapan quantum teaching dalam pelajaran PKN pada siswa kelas IV di SDN
Talang III Sumenep karena dalam penerapan quantum teaching telah
menunjukkan hasilnya yaitu kegairahan dan kesenangan siswa dalam belajar,
suasana yang terlihat dinamis dan siswa menjadi aktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar