Jumat, 02 Mei 2014

Implementasi discovery approach melalui metode eksperimen dalam meningkatkan motivasi belajar IPA MI

Pendidikan Sains kususnya dalam dunia pendidikan diarahkan agar siswa
dapat menemukan sendiri, ia harus melakukan proses mental seperti mengamati,
klasifikasi, mengukur, meramalkan, dan menyimpulkan, sehingga dapat
membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam.
Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran sains siswa diajak interaksi
langsung dengan alam sekitar, mengaitkan dengan kejadian alam, dan hal ini
sangat menarik bagi mereka karena bereksperimen. Melihat masa mereka adalah
masa-masa penasaran (penuh pertanyaan), (butuh jawaban) dan selalu ingin
mengetahui hal-hal baru. Namun ternyata tidak semua guru memperhatikan proses
mengajarnya, kebanyakan dari mereka hanya mengajar, mentransfer ilmu kepada
siswa, tentang semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran jadi kurang
diperhatikan, hal ini juga akan berpengaruh pada hasil nilai belajar siswa menjadi
kurang maksimal.
Berdasarkan dari permasalahan-permasalahan tersebut maka peneliti ingin
meneliti apakah dengan implementasi discovery approach melalui metode
eksperimen dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VA MI
Miftahul Huda Jabung Malang, kususnya maateri tentang perubahan sifat benda.
Pendekatan discovery adalah proses mental dimana siswa mampu
mengasimilasikan suatu konsep atau prinsip. Yang dimaksudkan dengan proses
mental tersebut antara lain ialah: mengamati, mencerna, mengerti, menggolonggolongkan,

membuat dugaan, menjelaskan, mengukur, membuat kesimpulan dan
sebagainya. Dalam pendekatan atau metode ini siswa dibiarkan menemukan
sendiri atau mengalami proses mental itu sendiri, guru hanya membimbing dan
memberikan intruksi.  Metode eksperimen adalah cara penyajian pelajaran dengan
menggunakan percobaan. Dalam proses belajar mengajar dengan metode
eksperimen ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan
sendiri sehingga pendekatan discovery melaui metode eksperimen ini dirasa dapat
membantu proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Adapun tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan proses implementasi
discovery approach melalui metode eksperimen dalam meningkatkan motivasi
belajar IPA kelas VA MI Miftahul Huda Jabung Malang. (2) Untuk mengetahui
apakah implementasi discovery approach melalui metode eksperimen dapat
meningkatkan motivasi belajar IPA pada kelas VA MI Miftahul Huda Jabung
Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar