Kamis, 01 Mei 2014

Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Pembelajaran Aksara Jawa Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SDN

Aksara jawa merupakan salah satu problem yang menakutkan terutama
bagi generasi muda yang mempelajari pelajaran Bahasa Jawa. Bayangan sulitnya
menghafal bentuk-bentuk huruf yang rumit juga banyaknya huruf yang harus
dihafal ditambah lagi jika sudah berbenturan dengan aturan menulis aksara jawa
yang baku semakin membuat pelajar enggan untuk mempelajari apalagi
memperdalam penguasaan baca tulis aksara jawa. Permasalahan tersebut juga
menimpa sebagian besar siswa siswi kelas II SDN Torongrejo 02 Kota Batu.
Dengan menggunakan Media Kartu Huruf diharapkan dapat menjadi salah satu
alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Pemilihan media kartu huruf dalam
pembelajaran Aksara Jawa ini tidak lepas dari fungsi media yang dapat menjadi
salah satu fariasi dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan metode
pembelajaran yang menyenangkan, penggunaan media kartu huruf ini dapat
membantu siswa agar lebih termotivasi dalam mempelajari Aksara Jawa.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan proses pelaksanaan
penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran Aksara Jawa sebagai upaya
peningkatan motivasi belajar siswa kelas II SDN Torongrejo 02 Kota Batu, 2)
mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Aksara Jawa dengan menggunakan
media kartu huruf pada siswa kelas II SDN Torongrejo 02 Kota Batu, 3)
mendeskripsikan proses evaluasi pembelajaran Aksara Jawa dengan menggunakan
media kartu huruf pada siswa kelas II SDN Torongrejo 02 Kota Batu. Untuk
mencapai tujuan tersebut, digunakan rancangan penelit ian tindakan kelas yang
melibatkan data kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian tindakan kelas
dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan
beberapa metode, yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode
wawancara. Sedangkan untuk menganalisis, peneliti menggunakan analisis
deskriptif kualitatif, yaitu penggambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang
sebenarnya. Peneliti juga menyertakan table sebagai pendukung dan pelengkap
uraian data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf
dalam pembelajaran Aksara Jawa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
kelas II SDN Torongrejo 02 Kota Batu. Bukti secara kualitatif dapat diketahui dari
suasana kelas yang menjadi lebih aktif dan semangat kerjasama dengan
kemlompoknya. Sedangkan bukti secara kuantitatif dapat dilihat dari hasil tes
belajar siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar