Kamis, 01 Mei 2014

Implementasi Pendidikan Akhlak Pada Sekolah Dasar Islam

Pendidikan Akhlak adalah pendidikan mengenai dasar-dasar moral
(akhlak) dan keutamaan perangai, tabiat yang harus dimiliki dan dijadikan
kebiasaan oleh anak sejak masa analisa hingga ia menjadi mukallaf yang
mengarungi lautan kehidupan. Pengajaran akhlak di sekolah-sekolah pada saat ini
belum diberikan secara mandiri, dalam arti masih terintegrasi dengan mata
pelajaran Agama ataupun Pendidikan Pancasila, namun pada umumnya para
pendidik jarang sekali menyentuh mengenai pendidikan akhlak, karena
pendidikan akhlak dianggap sebagai pemberian ceramah-ceramah saja.
Usia Sekolah Dasar adalah masa yang sangat menentukan untuk masa
depannya dan pendidikan akhlak sangat dibutuhkan. Dalam hal ini harus ada
pendidikan akhlak yang mampu memadukan antara pendidikan sekolah , keluarga,
dan lingkungan secara kontineu, dengan mengkomunikasikan perkembangan anak
kepada pihak sekolah atas apa yang menjadi kebiasaan anak di rumah dan di
lingkungan agar terjalin komunikasi yang baik antara orang tua dan guru untuk
perbaikan pendidikan khususnya akhlak anak, berangkat dari latar belakang itulah
penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul
Implementasi Pendidikan Akhlak Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan
Permata Kota Malang
Sedangkan rumusan masalah yang menjadi pembahasan ini meliputi; apa
saja bentuk-bentuk pendidikan akhlak, bagaimana implementasi bentuk-bentuk
kegiatan pendidikan akhlak, dan aspek-aspek apa yang mendukung implementasi
pendidikan akhlak di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Kota Malang
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja
bentuk-bentuk pendidikan akhlak, untuk mengetahui bagaimana implementasi
bentuk-bentuk kegiatan pendidikan akhlak, dan untuk mengetahui aspek-aspek
apa yang mendukung implementasi pendidikan akhlak di Sekolah Dasar Islam
Terpadu Kota Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian
deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan
metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya,
penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan,
serta triangulasi data, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu
berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati
sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat
menggambarkan secara utuh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk
mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di sekolah, disini penulis
sertakan gambar dan lampiran sebagai pelengkap data.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan di sini
bahwasannya bentuk-bentuk pendidikan akhlak, dan implementasinya serta aspek
pendukungnya dimasukkan dalam program kurikuler, non kurikuler dan ekstra
x
kurikuler berupa akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak
terhadap lingkungan serta pembinaan kepribadian Lingkar Qur’an, yang dijadikan
program untuk mencapai quality assurance sekolah. Kalaupun masih ada program
lain yang belum disebutkan dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan
masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti
sampai di sni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar