Kamis, 01 Mei 2014

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Think-Pair-Share Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam Kelas IV SDN

Berdasarkan  observasi peneliti, ternyata di SDN Manggis I Ngancar Kediri, Selama
ini  metode yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama islam adalah ceramah,
tanya jawab, dan diskusi. Metode ceramah masih menjadi pilihan dalam penyampaian
materi, sehingga siswa cenderung bosan, dan kurang bersemangat untuk belajar. Berpijak
pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: 1)Bagaimana
penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode TPS (Think-Pair-Share) dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas
IV SDN Manggis I Ngancar Kab. Kediri ? 2)Seberapa efektifkah pembelajaran kooperatif
dengan metode TPS (Think-Pair-Share) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SDN Manggis I Ngancar Kediri ?.
Adapun tujuan yang ingin diketahui dari permasalahan tersebut diatas adalah: 1)Untuk
mendeskripsikan  penerapan  pembelajaran kooperatif dengan metode TPS (Think-PairShare)
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

kelas IV SDN Manggis I Ngancar Kediri. 2) Untuk mengetahui keefektifan
pembelajaran kooperatif dengan metode TPS (Think-Pair-Share) dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam kelas IV SDN Manggis I Ngancar
Kediri

Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang secara sadar dan sistematis
menggabungkan interaksi antara sesama siswa sebagai latihan hidup di dalam masyarakat
nyata. Think Pair Share adalah suatu metode kooperatif yang memberi siswa waktu untuk
berfikir dan merespon serta saling bantu satu sama lain. Metode ini memperkenalkan ide
“waktu berfikir atau waktu tunggu” yang menjadi faktor kuat dalam meningkatkan
kemampuan siswa dalam merespon pertanyaan. Prestasi merupakan hasil dari pemahaman
yang didapat serta penguasaan nilai-nilai yang terdapat dalam kurikulum. Sehingga
prestasi dapat diukur dengan nilai yang di dapat dari pengadaan tes maupun evaluasi
belajar..
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dilaksanakan dalam dua kali tindakan, (4X35
menit) dan siklus II juga dilakukan dalam dua kali tindakan (4X35 menit). Tahapan
pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi perencanaan, pelaksanaan,
Pengamatan, dan refleksi. Dari hasil analisa, menunjukkan bahwa penerapan
Pembelajaran Kooperatif  Dengan Metode Think-Pair-Share Dalam Meningkatkan Prestasi
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV SDN Manggis I
Ngancar Kab. Kediri. telah dilaksanakan dengan baik dan efektif dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya
peningkatan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar