Kamis, 01 Mei 2014

Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN

Upaya peningkatan mutu pendidikan merupakan tugas bagi semua
komponen yang ada di madrasah. Hal ini akan dapat dilaksanakan jika madrasah
memiliki sikap dinamis, kreatif dan inovatif dalam melaksanakan peningkatan
mutu pendidikan. Dalam hal ini madrasah diberikan kepercayaan untuk mengatur
dan mengurus dirinya sendiri sesuai dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan
peserta didiknya. Meskipun demikian, agar mutu pendidikan tetap terjaga dan
proses peningkatan mutu tetap terkontrol maka harus ada standar yang dijadikan
sebagai acuan/pedoman sebagai indikator evaluasi keberhasilan peningkatan
mutu tersebut. Pemikiran ini telah mendorong munculnya pendekatan baru, yakni
pengelolaan peningkatan mutu pendidikan yang dikenal dengan manajemen
peningkatan mutu berbasis madrasah (MPMBM).
Kebijakan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM)
merupakan salah satu bentuk desentralisasi pendidikan yang dipilih dengan tujuan
untuk memandirikan sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan. Kebijakan ini
diimplementasikan dengan menerapkan manajemen yang transparan dan dengan
melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan dengan pendidikan. Dalam
implementasinya, kebijakan MPMBM memiliki strategi yang berbeda dimasingmasing
madrasah sebab MPMBM menerapkan pendekatan “idiograpik”
(membolehkan adanya keberbagaian cara pelaksanaannya). Berangkat dari latar
belakang itulah kemudian penulis ingin membahasnya dalam skripsi dengan
mengambil judul Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM)
sebagai Upaya untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN Malang 2.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
bagaimana implementasi MPMBM dalam meningkatkan mutu pendidikan, untuk
medeskripsikan strategi yang digunakan madrasah dalam implementasi MPMBM
untuk meningkatkan mutu pendidikan, mendeskripsikan dampak MPMBM
dengan prestasi belajar siswa, medeskripsikan dampak MPMBM dengan minat
masyarakat, dan mendeskripsikan dampak MPMBM dengan kebanggaan guru
terhadap MIN Malang 2.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif, yakni
berupa kata-kata dan gambaran umum dilapangan. Sumber data yang peneliti
gunakan adalah data primer dan sekunder. Dalam pengumpulan data, peneliti
menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan dalam
menganalisi data, peneliti menggunakan analisis data diskriptif kualitatif. Untuk
pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah implementasi MPMBM sudah
dilaksanakan dengan baik dengan melaksanakan langkah-langkah (1)
Implementasi perencanaan (analisis situasi, merumuskan tujuan, analisis SWOT
dan alternatif pemecahan masalah), (2) Peningkatan mutu pendidikan dengan
menyusun dan melaksanakan program, (3) Implementasi monitoring dan evaluasi
yang dilaksanakan secara berkesinambungan. Strategi yang digunakan sebagai
upaya peningkatan mutu pendidikan adalah dengan mengefektifkan peran komite
madrasah dan merombak organisasi madrasah, pengembangan kurikulum tingkat
satuan pendidikan (KTSP), peningkatan keprofesionalan SDM (tenaga pendidik),
pemenuhan sarana dan prasarana, pelaksanaan berbagai program pembelajaran.
Dampak MPMBM terhadap prestasi siswa cukup baik dengan meningkatnya
prestasi akademik dan non akademik. Sedangkan dampak MPMBM dengan minat
masyarakat terhadap madrasah semakin meningkat hal ini disebabkan karena
madrasah selalu mengikutsertakan komite dalam penyelenggaraan pendidikan,
kinerja dari manajemen humas yang efektif di samping faktor gedung yang bagus,
guru yang profesional dan pendidikan agama yang bermutu. Dan dampaknya bagi
guru, dengan penerapan MPMBM, guru MIN Malang 2 merasa bangga terhadap
madrasah. Hal ini lebih disebabkan karena: manajemen madrasah yang semakin
baik, kerjasama madrasah dan komite yang kompak, prestasi siswa semakin
meningkat dan madrasah semakin diminati masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar