Untuk berhasilnya statu pembelajaran, ada tiga mainstream yang perla
disoroti, yaitu pembaharuan currĂculo, peningkatan kualitas pembelajaran, dan
efektifitas pembelajaran.Kurikulum pendidikan harus komprehensif terhadap
dinamika sosial, relevan, tidak overload dan mampu mengakomodasikan
keberagaman keperluan dan kemajuan teknologi. Kualitas pembelajaran harus
ditingkatkan untuk memperbaiki kualitas hasil pendidikan. Secara mikro harus
ditemukan strategi atau metode pendekatan yang efektif di kelas, yang lebih
memberdayakan portensi siswa.Terutama pada mata pelajaran matematika.
Matematika sangat dirasakan sulit oleh siswa. Untuk menjadikan pembelajaran
Matematika yang lebih aktif dan bermakna, guru harus mempunyai cara atau
metode yang tepat.Oleh karena itu salah satu lembaga pendidikan Islam, MI
Raudlatul Falah Talok Turen selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas
sekolahnya .
Berangkat dari permasalahan diatas, maka rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi Active Learning melalui
metode Problem Solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pada
mata pelajaran matematika di MI Raudlatul Falah Talok Turen? Dan (2)Apakah
penerapan strategi Active Learning melalui metode Problem Solving dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran matematika
di MI Raudlatul Falah Talok Turen?
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (class-room
action research) dengan jenis penelitian mandiri. Tehnik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan test. Data yang
bersifat kualitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kualitatif sedangkan data
yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kuantitatif.
Dari penelitian yang dilakukan di lapangan, strategi Active Learning
melalui metode Problem Solving dengan cara memberikan replika balok dan
kubus kepada siswa dan mengamati sifat-sifat kubus dan balok,membuka jaringjaring
balok dan kubus terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari
hasil observasi dan data empiris di lapangan menunjukkan bahwa penerapan
strategi Active Learning melalui metode Problem Solving terbukti dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MI
Raudlatul Falah Talok Turen. Hasil pre test menunjukkan nilai rata-rata sebesar
52, hasil siklus I menunjukkan rata-rata 67 atau meningkat 28.84% sedangkan
hasil siklus II menunjukkan nilai rata-rata 86.25% atau meningkat dari siklus I ke
siklus II sebesar 28.73%. Dan bentuk aplikasi dari penerapan strategi Active
learning melalui metode Problem Solving adalah penggunaan balok dan kubus
dari kertas karton yang terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran Matematika di MI Raudlatul Falah Talok Turen.
Adapun saran penelitian adalah (1) hendaknya para guru lebih banyak
memilih strategi yang akan digunakan saat akan melakukan pelaksanaan
pembelajaran. Agar pembelajaran tidak menjadi bosan dan meghidupkan kelas
dan siswa belajar dengan aktif.Banyak sekali strategi yang bisa diterapkan jika
para guru mau aktif.(2) Guru adalah penentu keberhasilan siswa jadi seorang guru
harus benar-benar menguasi pembelajaran yang akan diajarkan kepada siswa.
Guru tidak boleh setengah setengah pada saat mengajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar